Road Poneglyph Terakhir dan Teori Raftel Sang Pulau Akhir

Posted by

 




Kita mungkin mengenal Poneglyph sejak di perkenalkan lebih dalam dalam arc Arabasta oleh Robin karena benda ini merupakan sisa dari sebuah sejarah yang hilang atau disembunyikan pemerintahan dunia. Poneglyph sendiri diartikan sebagai Sebuah batu misterius (prasasti) dengan sejarah tertulis pada batu tersebut dalam bentuk tulisan-tulisan aneh. Mereka tersebar di antara pulau -pulau di Grand Line, dan dikatakan satu-satunya orang di dunia yang (masih hidup) bisa membacanya adalah Nico Robin.


Jenis Jenis Poneglyp



Ada 3 Jenis Poneglyph yang ditemukan sampai sekaran diantaranya adalah Rio Poneglyph, Poneglyph Intruksi dan Juga Road Poneglyph



1. Rio Poneglyp

Untuk Poneglyp ini merupakan yang mencatat tentang potongan - potongan sejarah dunia yang hilang. Semakin banyak ditemukan maka sejarah dunia yang sebenarnya akan terbuka, beberapa contoh poneglyph ini dapat ditemukan di Ohara yang menjelaskan tentang Void Century dan ada juga ditemukan di Fishman Island yang menjelaskan seseorang bernama Joy Boy yang membuat perjanjian dengan para Fishman untuk membawa mereka ke darat.






2. Poneglyph Intruksi (Weaponary Poneglyp)


Poneglyph ini merupakan Poneglyph yang menjelaskan rahasia - rahasia senjata pemusnah massal seperti Pluton yang sangat dicari oleh Crocodille dimana dia berusaha menghancurkan Arabsta hanya untuk mengetahui senjata ini dan untungnya Poneglyph itu tidak benar - benar menuntun ke Pluton yang sebenarnya rancangannya sudah di bakar oleh Franky sementara itu ada juga Poneglyph yang menjelaskan tentang Poseidon di Shandorian dan ternyata Poseidon adalah Tangisan Shirahosi.


3. Road Poneglyph 


Road Poneglyph, ini adalah poneglyph paling langkah diantara daftar poneglyph karena mereka adalah penuntun jalan menuju pulau akhir Raftel. Aku akan membahas lebih dalam tentang Road Poneglyph ini dari berbagai sumber dan mencoba menjadikan satu teori - teori yang ada. Road Peneglyph hanya ada 4 buah saja di dunia dan karena ini semacam penunjuk arah ke pulau Raftel.



Nami Menjelaskan Tetnang Navigasi Red LineMungkin kalian ingat perkataan Nami saat Chapter 820 dimana dia mencoba menghubungkan maksud dari logika Log Pose dengan Road Poneglyph yang ternyata dengan Log Pose saja seharusnya mereka bisa sampai ke pulau Raftel tapi mereka secara Random akan berhenti dahulu di beberapa pulau yang tidak dikenali, kejadian yang sama saat para rookie pertama kali memasuki New World. Tapi masalah utamanya adalah Pulau Raftel tidak diketahui bagaimana cara menuju kesana karena pulau ini tidak terdeteksi hanya dengan Log Pose seperti tidak memiliki daya magnet atau sesuatu yang lain untuk itulah diperlukan ke-4 Road Poneglyph untuk disatukan agar bisa mencapai Raftel.




Dimana letak ke-4 Road Poneglyph ini ?



Sudah ada 3 Road Poneglyph yang diketahui oleh kita diantaranya adalah :


1. Road Poneglyph Suku Mink di Hutam Paus


Road Poneglyph ini berwarna merah menjelaskan tulisan menuju Raftel tapi sayangnya kata Robin tulisan itu semacam bersambung sehingga dibutuhkan potongan lain untuk mendapatkan peta penuhnya. Road Poneglyph ini tersimpan sudah sangat lama di dalam hutan paus di Zou.


2. Road Poneglyph Milik Kaidou di Wano Kuni



Setelah menguasai Wano Kuni dari Shogun sebelumnya alias Ayah dari Momonosuke yang asli. Kaidoupun mendapatkan Raod Poneglyph langsung dari pembuatnya. Kita mengetahui jika Klan Kozuki adalah pembuat dari prasasti batu Poneglyph. Fakta mengejutkannya adalah 800 tahun yang lalu saat batu poneglyph dibuat oleh para Klan Kozuki itu merupakan Akhir dari Void Century atau dikenal sebagai Abad kekosongan atau juga sejarah yang hilang.


Kenapa disaat yang sama dengan berakhirnya Void Century justru dibuatlah batu - batu pencatat sejarah yang justru ditakuti pemerintah dunia?


Ada beberapa spekulasi yang pertama Klan Kozuki adalah Klan yang sangat dekat dengan orang - orang yang ada di Raftel. Kita bisa lihat kalau Oden Kozuki ternyata pernah menuju Raftel bersama Roger 22 tahun bersama dengan Nekomamushi dan Inuruashi yang saat itu masih kecil.


Oden Kozuki adalah pembuat poneglyph atau penerus terakhir dari klan pembuat poneglyph ini yang otomatis dia juga mengetahui kisah dari Raftel dan abad kekosongan bahkan kita mengetahui Roger sempat memiliki Poneglyph yang ditemukan di Pula Langit dengan Tanda tangannya sebenarnya adalah buatan Oden Kozuki dan ini juga dipertegas dengan perkataan Rayleight kalau Roger juga tidak bisa membuatnya.


Kita kembali ke Road Poneglyph yang dimiliki Kaidou dan disimpan di Wano Kuni yang rencananya akan diserang oleh aliansi Luffy dkk nantinya.


3. Big Mam dan Road Poneglyph


Untuk Road Poneglyph ketiga dipegang oleh Big Mam dan entah dimana dia menyimpannya. Tapi Luffy yang sedang berusaha menyusup ke Lokasi persembunyian Big Mom untuk menyelamatkan Sanji yang akan mengikuti Tea Party bersama Big Mom. Luffy dimintai untuk menyalin Road Poneglyph disana dan semoga Luffy tidak mengacaukannya
 
kemudian timbul lagi pertanyaan lain yaitu kenapa Kurohige tidak memiliki satupun Road Poneglyph dan dimana letak Road Poneglyph terakhir ?

Klan Kozuki Pembuat Poneglyph
Klan Kozuki Pembuat Poneglyph

Untuk pertanyaan pertama mungkin Kurohige adalah orang yang masih tergolong baru dan sepertinya dia juga tidak begitu menyukai sejarah walaupun dia sepertinya tau mengenai pulau lagit tapi mungkin juga dia merasa tidak memerlukan Road Poneglyph karena kekuatan buah iblisnya dan beberapa kekuatan buat iblis yang dia serap kemungkinan dapat membuatnya bisa menuju Raftel.


Bagaimana dengan letak dari Road Poneglyph terakhir ?


Apakah ditangan Kurohige atau ditangan orang lain, atau bahkan Road Poneglyph terakhir sebenarnya ada di tangan pemerintah dunia pada Akhir Void Century 800 tahun lalu pemerintahan dunia bergerak sangat cepat untuk menghapus 100 tahun sejarah yang ada diciptakan oleh entah apakah itu dari Raftel atau tidak dengan cara yang tidak diketahui . Kemungkinan disaat inilah Pemeritahan dunia mengetahui Klan Kozuki ternyata membuat catatan dengan huruf kuno yang hanya dimiliki semacam Ras di Raftel dan juga hanya Klan ini yang dapat membacanya saat itu.


Timbul lagi pertanyaan bagaimana Poneglyph menyebar di seluruh dunia dengan ukurannya yang besar dan superberat. kita bisa dikatakan kalau pembuatan batu poneglyph tidak hanya dilakukan di satu tempat atau hanya di Wano Kuni tapi diberbagai tempat para Klan Kozuki Menyebar dengan tujuan mebuat catatan tentang sejarah yang hilang dan akhirnya mereka menciptakan sebuah batu yang tidak bisa hancur dengan tujuan untuk bisa menulis sejarah yang hilang agar orang - orang tahu apa yang terjadi sebenarnya pada dunia dan ini masuk akan karena walaupun saat itu Klan Kozuki bisa membaca dan menulisnya sepertinya mereka juga mewariskan cara membaca huruf kuno yang ada di Poneglyph secara turun temurun bukan hanya di Klan mereka tapi kepada orang lain yang mereka anggap pantas dan mungkin salah satunya adalah Warga Ohara dan disana juga sangat kebetulan ada Poneglyph yang telah diketahui menjelaskan tentang Void Century dan sayangnya Professor Clover tidak sempat menjelaskannya hingga Buster Call datang menyerang dan meratakan Ohara.

Arti Lambang pada bendera world goverment
Bendera World Goverment

Kemungkinan terbesar Road Poneglyph terakhir berada di tangan pemerintah dunia dan kita bisa lihat kalau Bendera Pemerintahan Dunia ternyata seperti 4 titik menghubungkan ke 1 tempat, mungkinkah lambang World Goverment ini menyinggung Soal Road Poneglyph dan Raftel ?


Ini mungkin akan lebih dijelaskan dalam beberapa Chapter  berikutnya. Kita tahu kalau arti lambang pemerintahan dunia  bisa mengacu kebanyak hal selain Road Poneglyph ini juga bisa mengacu pada 5 Gorosei yang sama sekali tidak diketahui dan perlu dicatat kalau Gorosei tidak menyukai keseimbangan 3 kekuatan goyah.


Gorosei takut jika keseimbangan ini akan terganggu, dunia itu sendiri bisa turun menjadi kekacauan, dan keseimbangan itu sendiri tampaknya sangat rapuh contohnya bahkan kehilangan satu anggota kunci (seperti Shichibukai) dapat mengganggu keseimbangan dunia. Inilah sebabnya mengapa kekalahan Crocodile sangat menyedihkan bagi mereka. Hal ini membuat kekuatan mereka berkurang untuk melawan ancaman dari Yonko dan memungkinkan masyarakat umum untuk mempertanyakan kekuasaan dan otoritas mereka. Kekhawatiran lain adalah bahwa Marine adalah satu-satunya organisasi yang sepenuhnya berada di bawah supremasi Pemerintah Dunia . Shichibukai sering mengikuti perintah pada kemauan mereka karena ada persyaratan yang memungkinkan mendapat keuntungan satu sama lain, dan Yonko sepenuhnya di luar kendali Pemerintah Dunia .



Shichibukai dan Marinir telah memasuki permusuhan dengan Bajak Laut Whitebeard, ini menjadi contoh pertama yang diketahui di mana salah satu kekuatan telah masuk ke konflik lebih dalam dengan satu sama lain. Ketika Kaido mencoba untuk menyerang Whitebeard, Shanks mencegat dia, yang menyebabkan perselisihan antara Yonko. Setelah kematian Whitebeard, keseimbangan telah runtuh, dan dunia telah memasuki kekacauan, bertentangan dengan kepercayaan dunia atas kematian bajak laut besar yang akan menjamin perdamaian.


Roger menyampaikan pesan terakhirnya sebelum dieksekusi mati didepan umum

Karena permasalahan ini Gorosei sering ketakutan jika kekuasaan mereka runtuh dan mungkin saja dibalik kekuasaan mereka yang telah berlansung selama beberapa abad ini justru untuk menyembunyikan penyebab keruntuhan sebuah kerajaan kuno yang ada di raftel.



Penghancuran Pulau Ohara dengan Buster Call
Faktanya lagi saat Roger di hukum mati saat dimulainya Era Bajak Laut dimana Roger mengatakan meninggalkan semua "Harta" miliknya di pulau akhir (Raftel) dan Harta itu mungkin saja adalah sesuatu yang akan mengungkapkan topeng dibalik nama "World Goverment" dan saat itu juga 2 tahun setelah eksekusi Marine di bawah World Goverment menghancurkan Ohara beserta Pohon pengetahuan yang telah meneliti literatur sejarah abad kekosongan (Void Century) entah kenapa disaat dimulainya Era Besar Bajak Laut World Goverment lebih bertindak agresive untuk menghancurkan jejak-jeka sejarah dan ini bisa menjadi acuan kalau World Goverment telah memegan Road Poneglyph yang tidak diketahui. Tapi, masih ada kemungkinan kalau Road Poneglyph Terakhir disimpan oleh Bajak Laut Shirohige karena kita tau kalau Roger dan Shirohige pernah saling membicarakan "One Piece" yang sebenanarnya.


Dragon membuat kekuatan pemerintahan dunia goyah



Setelah permasalahan kehilangan satu persatu anggota Shichibukai atau Bajak Laut yang dapat dimainkan oleh pemerintah dunia. Gorosei dibuat pusing lagi dengan kehadiran pasukan revolusi yang lebih mengungkapkan betapa busuknya yang namanya pemerintahan dunia . Pasukan revolusi mengungkapkan banyak hal seperti diskriminasi Sosial dikalangan Masyarakat kelas bawah dan hanya mengurus  para Celestial Dragon dan tiak begitu memikirkan tentang masyarakat kebanyakan. Kemudia mereka juga mengungkapkan pasar gelap persenjataan yang justru di buat untuk perang - perang memperebutkan wilayah kekuasaan antara bajak laut dan ini juga dibawa pengawasan pemerintahan dunia seperti halnya CP 0 yang hadir di Dressrosa. Pemerintah Dunia sebagian besar digambarkan sebagai badan korup (memakai kekuasaannya untuk kepentingan pribadi), khususnya melalui kekejamanan mendoktrin serta keadilan yang mutlak dan mengaristokrat (orang kaya dan orang-orang yang tinggi martabatnya) mereka sebagai Ceslstial Dragon.
 

800 tahun yang lalu, Aliansi Kuno dibentuk oleh raja-raja dari 21 kerajaan diantaranya yang diketahui adalah :


1. Drum
2. Alabasta (Nefertari)
3. Ilusia
4. Sakura
5. Goa
6. Ryugu
7. Dressrosa (Donquixote)


Aliansi termasuk Keluarga Donquixote dan Keluarga Nefertari. Selama abad kekosongan, mereka berperang melawan sebuah kerajaan besar (Raftel). Pertama kali disebutkan oleh Clover sebagai "musuh" dari Kerajaan Kuno, sejarah mereka sepenuhnya dijelaskan kemudian oleh Pappug.  Mengapa atau bagaimana 21 kerajaan ini ingin menggulingkan Kerajaan Kuno masih merupakan misteri. Setelah itu, mereka melarang penelitian tentang Poneglyphs dan mendirikan markas mereka di Mariejois.


"Karena mereka memiliki darah Pencipta di pembuluh darah mereka ... Delapan ratus tahun yang lalu, sekelompok 20 Raja... membentuk sebuah organisasi yang kuat yang dikenal sebagai Pemerintah Dunia. " - Pappug



Bangsawan Dunia Akhirnya, dengan 800 tahun yang lalu Aliansi menjadi Pemerintah Dunia. Karena ini, dua puluh raja memimpin perang melawan Kerajaan Kuno disebut sebagai "pencipta" dari dunia. Sembilan belas dari keluarga kerajaan pendiri pindah dan tinggal di Mariejois. Hanya keluarga Nefertari tetap di negara mereka. Bangsawan dunia, juga dikenal sebagai Celestial Dragon, adalah keturunan langsung dari raja-raja pendiri yang pindah ke Mariejois. Dengan demikian, Bangsawan ini memiliki kewenangan untuk melakukan apa yang mereka harap, hanya karena warisan mereka.

Jika memang kerajaan kuno ini dihancurkan dengan alasan yang tidak diketahui hanya karena 20 raja dari 21 kerajaan merasa dirunya adalah keturunan langsung dari pencipta dunia membuat mereka ingin menghancurkan kerajaan yang disebut-sebut berada di Raftel.


Adakah indikasi lain yang menyebabkan mengapa mereka sangat ingin menghancurkan Kerajaan Kuno ini ?


Jika mungkin mereka sebenarnya dihasut oleh orang misterius yang mengatakan kalau mereka adalah keturunan langsung dari sang pencipta sehingga timbul dihati mereka dengan rasa tinggi hati untuk menguasai segalanya yang ada didunia dan kita bisa lihat bagaimana angkuhnya Doflamingo dengan dirinya sebagai bangsawan dunia dan bahkan ayahnya saja merasa tidak memiliki darah pencipta dan sama sekali tidak yakin dengan cerita kuno itu dan memutuskan untuk keluar dari merijois dan melepas sepenuhnya status bangsawannya dan bahkan rela disiksa oleh masyarakat yang sudah terlanjur benci dengan bangsawan dunia yang terlalu sewenang -wenang dengan kekuasaannya.







Jadi, Raftel bisa saja merupakan sebuah kerajaan kuno yang dulunya menguasai seluruh dunia dan membuat kesetaraan disegala aspek tanpa memandang status sosial, menciptakan teknologi - teknologi yang sangat hebat seperti senjata kuno yang katanya dapat menghancurkan satu pulau dalam sekejap dan juga politik-politik yang mereka buat dengan membuat  banyak sekali orang - orang penting yang menginginkan kekuatan kerajaan ini.


Bagaimana tanggapan kalian mengenai Road Poneglyph dan Pulau Raftel ini ?


Blog, Updated at: 02.59

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.